Menulis adalah salah satu cara mengungkapkan keresahan.

Phascolarctian

Typewriter

Grind Ground to Glory! : Ep. 5 (.ID)

Halo semuanya! Bertemu kembali dalam series Grind Ground to Glory!

Kali ini kita sudah masuk ke episode ke-5 dimana dimulainya tahun 2024. Awal tahun yang juga berarti ada transfer musim dingin dibuka. Oleh karena itu kita akan mulai dari membahas transfer musim dingin 2023/2024 Nottingham Forest terlebih dahulu.

Winter Transfer

Mulai dari posisi kiper. Kiper veteran Nottingham Forest yang tidak masuk dalam registrasi tim, Wayne Hennessey akhirnya dipinang oleh klub Siprus, APOEL Nicosia dengan mahar $4.4K. Lalu, kiper ketiga kita, Ethan Horvath, yang tidak cukup puas dengan menit bermainnya, meminta untuk dipinjamkan ke klub lain dan Fiorentina adalah jawabannya. Oleh karena itu, George Shelvey dipromosikan menjadi kiper ketiga Nottingham Forest.

Di posisi bertahan, Scott McKenna juga meminta untuk dilepas ke klub lain untuk meraih lebih banyak menit bermain. Burnley menjadi tempat dia berlabuh dengan tebusan $2.2M. Posisi Scott McKenna diambil alih oleh Harry Maguire yang dilepas oleh Manchester United dengan harga $16.25M. Di posisi full back, Ola Aina, yang tidak bisa bersaing dengan pemain lain yang ada di posisinya akhirnya dipinjamkan sampai dengan akhir musim.

Transfer lainnya adalah penguatan di posisi midfielder dan striker. Jawabannya adalah pada gelandang Vicente Pizarro dibeli dari Colo-Colo (Chile) dengan harga $7.75M dan peminjaman penyerang AC Milan, Luka Jovic. Proses transfer yang cukup aktif untuk ukuran transfer musim dingin.

Mari kita lanjutkan ceritanya.

vs Sheffield Wednesday (January 6th, 2024) – FA Cup (H)

Membuka episode ini adalah dengan laga putaran ketiga FA Cup melawan Sheffield Wednesday. Nottingham Forest melakukan banyak peluang namun hasilnya baru berbuah di menit ke-74, tendangan bebas Danilo berhasil disundul Divock Origi ke dalam gawang Sheffield Wednesday. 3 menit kemudian, bola yang ditendang Anthony Elanga membentur mistar gawang dan disambut oleh Chris Wood dengan baik. 2-0 untuk Forest. Di menit ke-80, tusukan Anthony Elanga berakhir dengan umpan ke Chris Wood yang dengan mudah mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Nottingham Forest lolos ke babak berikutnya di FA Cup.

vs Brighton Hove & Albion (January 10th, 2024) – Carabao Cup (A)

Di bulan ini, kita banyak ditinggal pemain inti seperti Serge Aurier, Moussa Niakhate, Ibrahim Sangare ke Piala Afrika. Kekurangan yang cukup signifikan. Hal ini bisa terlihat di pertandingan ini. Pada semifinal Carabao Cup leg pertama melawan Brighton Hove & Albion, tuan rumah unggul di menit ke-30 lewat pemain muda Evan Ferguson yang memanfaatkan kesalahan backpass Nicolas Dominguez. Di menit ke-38, Jan Paul van Hecke berhasil membobol gawang Matt Turner tanpa ada penjagaan yang ketat. Pada awal babak kedua, umpan pendek Billy Gilmour berhasil dikonversi menjadi gol oleh Evan Ferguson. Forest berhasil memperkecil ketertinggalan lewat pemain akademi Forest, Manni Norkett yang mendapat operan dari Chris Wood. Namun di menit ke-84, gol dari Simon Adingra hasil umpan lambung dari Jakub Moder menahbiskan kemenangan 4-1 untuk Brighton dan membuat peluang Forest untuk lolos ke babak final Carabao Cup.

vs Wolverhampton Wanderers (January 13th, 2024) – Premier League (H)

Kekalahan dari Brighton 3 hari sebelumnya jadi pelecut motivasi pemain Forest dalam lanjutan Premier League melawan Wolverhampton Wanderers. Walaupun seperti itu, kita kebobolan terlebih dahulu di menit ke-11 lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti milik Matheus Cunha. Forest bisa membalas di menit ke-26 lewat gol Anthony Elanga yang mendapatkan umpan cutback dari Divock Origi. Kemudian, kita berbalik unggul di menit ke-37 setelah aksi solo Anthony Elanga yang mendapatkan bola muntahan tendangan pojok Nuno Tavares. Di awal babak kedua, kita berhasil memperlebar jarak lewat Anthony Elanga yang mencetak hattrick hasil umpan lambung dari Morgan Gibbs-White. Ketegangan untuk Forest muncul di menit ke-65 setelah Santiago Bueno berhasil melepaskan tendangan keras ke gawang Matt Turner dan semenit kemudian, Matheus Cunha menyamakan kedudukan setelah mendapatkan umpan terobosan dari Jonny Otto. Namun, pemain pengganti, Chris Wood, menjadi penyelamat setelah memanfaatkan kekacauan hasil tendangan pojok Forest di injury time dan memberikan Forest 3 poin tambahan.

vs Brighton Hove & Albion (January 24th, 2024) – Carabao Cup (H)

Dalam lanjutan Carabao Cup, leg kedua babak semifinal melawan Brighton diadakan di City Ground. Bermain di kandang sendiri, Forest baru bisa mencetak gol di menit ke-49 lewat sepakan keras Anthony Elanga yang mendapat umpan pendek dari Morgan Gibbs-White. 4 menit berselang, Jan Paul van Hecke menyamakan kedudukan setelah menyundul bolak sepak pojok dari Pascal Gross. Di menit 90+5, Facundo Buonanotte mendapatkan umpan lambung dari Billy Gilmour dan berhasil membobol gawang Matt Turner sekaligus menyegel tiket ke babak final Carabao Cup. Forest kalah dengan agregat 2-6 dan terhenti di babak semifinal.

vs Burnley (January 27th, 2024) – FA Cup (A)

Tersingkir dari Carabao Cup, membuat fokus Forest tertuju ke kompetisi lainnya, FA Cup. Dalam laga melawan Burnley, kita berhasil unggul terlebih dahulu di menit ke-10 lewat gol Anthony Elanga dari assist Vicente Pizarro. Burnley sempat menyamakan skor di menit ke-25 ketika umpan crossing Vitinho mampu dicongkel Mike Tresor ke dalam gawang Matt Turner. Di menit ke-38, umpan pendek dari Nicolas Dominguez berhasil diterima Taiwo Awoiniyi yang kemudian menendang bola ke pojok gawang James Trafford. Babak kedua baru berjalan 2 menit, Taiwo Awoniyi berhasil memperlebar keunggulan Forest setelah mendapatkan umpan dari Anthony Elanga yang berhasil menang duel dengan 2 orang bek Burnley. Di menit ke-62, Callum Hudson-Odoi yang mendapat umpan lambung dari Taiwo Awoniyi berhasil merobek jala gawang James Trafford dan membuat kedudukan menjadi 1-4 dan 5 menit kemudian, kesalahan antisipasi dari Hannes Delcroix membuat James Trafford harus memungut bola dari gawangnya untuk kelima kalinya. Forest berhasil menang besar 1-5 di kandang Burnley dan lolos ke babak kelima FA Cup untuk berjumpa dengan yang menyingkirkan kita di Carabao Cup, Brighton Hove & Albion.

vs Everton (January 30th, 2024) – Premier League (A)

Pertandingan penutup bulan Januari adalah lawatan ke kota Liverpool untuk bersua dengan Everton dalam lanjutan Premier League. Tuan rumah membuka skor di menit ke-19, Amadou Onana berhasil menendang bola tepisan Matt Turner dari sundulan Dominic Calvert-Lewin. Jack Harrison menggandakan keunggulan Everton 3 menit berselang setelah mendapatkan umpan dari Dominic Calvert-Lewin. Forest berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-34 lewat gol Chris Wood yang mendapat umpan terobosan dari Callum Hudson-Odoi. Namun, 5 menit kemudian, Lucas Robertone kembali menjauhkan keunggulan Everton setelah mendapatkan umpan dari Vitaly Mykolenko. Chris Wood kembali mencetak gol di menit ke-71 setelah kembali mendapatkan umpan dari Callum Hudson-Odoi. Namun, sundulan James Tarkowski hasil umpan sundulan mantan pemain Forest, Jesse Lingard, di menit ke-89 membuat Forest pulang dengan tangan hampa.

vs Sheffield United (February 3rd, 2024) – Premier League (H)

Membuka Februari dengan pertandingan kandang melawan Sheffield United. Bukan pertandingan yang mulus karena baru di menit ke-2, Anthony Elanga harus ditarik keluar karena cedera. Anwar El Ghazi yang menggantikannya, membayar kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan mencetak gol di menit ke-36 lewat tendangan dari luar kotak penalti. Anwar El Ghazi bahkan mampu menggandakan keunggulan di menit ke-63 setelah mendapatkan umpan pendek dari Morgan Gibbs-White. 2 menit kemudian, John Egan berhasil memperkecil ketertinggalan Sheffield United setelah sundulannya hasil tendangan bebas James McAtee tidak mampu dihalau Matt Turner. Namun, gol tersebut tidak cukup menghindarkan kekalahan Sheffield United dari Nottingham Forest.

vs Arsenal (February 10th, 2024) – Premier League (H)

Sepekan kemudian, kita menjamu Arsenal di City Ground. Tamu berhasil unggul terlebih dahulu di menit ke-23 lewat Gabriel Martinelli yang mendapat umpan pendek dari Martin Odegaard. Forest baru menyamakan kedudukan di menit ke-70, umpan crossing Morgan Gibbs-White berhasil diteruskan Taiwo Awoniyi ke gawang Aaron Ramsdale. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

vs Brighton Hove & Albion (February 17th, 2024) – Premier League (A)

17 Februari 2024 menandai pertemuan ke-4 kita musim ini dengan Brighton. Kali ini dalam lanjutan Premier League. Skor baru berubah di awal babak kedua, setelah Nuno Tavares berhasil menjebol gawang Jason Steele setelah mendapat umpan pendek dari Callum Hudson-Odoi. Di menit ke-80, umpan lambung nan cantik dari Kaoru Mitoma berhasil diterima Ansu Fati yang kemudian berhasil merobek jala gawang Matt Turner. Taiwo Awoniyi sempat membuat Forest kembali unggul di menit ke-86 setelah mendapat umpan terobosan dari Gonzalo Montiel. Namun, semenit berselang Solly March yang mendapat umpan dari Igor mampu menyamakan kedudukan dan membuat skor akhir pertandingan menjadi sama kuat 2-2.

vs Manchester United (February 21st, 2024) – Premier League (H)

Pertandingan liga terakhir di bulan Februari adalah melawan Manchester United di kandang. Matt Turner menjadi bintang di pertandingan ini dengan melakukan 8 penyelamatan termasuk menggagalkan tendangan penalti dari Bruno Fernandes di menit ke-31. Namun, Manchester United yang keluar sebagai pemenang di pertandingan ini setelah di menit ke-58, Rasmus Hojlund mampu membobol gawang Matt Turner setelah mendapatkan umpan dari Mason Mount. Skor 0-1 untuk kemenangan Manchester United.

vs Brighton Hove & Albion (February 28th, 2024) – FA Cup (H)

Pertandingan penutup episode ini bisa dibilang adalah pertandingan terbaik di musim ini. Believe me when I say I was sweating af through this match. Pertemuan ke-5 kita dengan Brighton dalam babak kelima FA Cup. Forest berhasil membuka keunggulan lewat gol dari titik putih oleh Gonzalo Montiel di menit ke-30. Kita bahkan mampu menggandakan keunggulan di menit ke-52 setelah bola hasil sepakan Divock Origi ditepis oleh Jason Steele dan disambar Taiwo Awoniyi ke sisi kanan gawang. Nah, ketegangan mulai naik disini. Di menit ke-71, Rade Krunic berhasil memotong bola dan mengirimkannya ke Danny Welbeck yang mampu menendang bola yang tidak bisa dihalau Matt Turner. Di menit ke-86, Adam Lallana mengirim umpan terobosan ke Ansu Fati yang mampu mengelabui Matt Turner dan menceploskan bola ke dalam gawang Forest. Kedudukan menjadi 2-2. Di menit 90+7, kesalahan antisipasi dari Serge Aurier dimanfaatkan dengan baik oleh Danny Welbeck menjadikan skor berubah 2-3. Percobaan serangan terakhir dari Forest berbuah manis karena semenit kemudian, umpan Morgan Gibbs-White berhasil dikonversi menjadi gol penyelamat oleh Divock Origi! Skor 3-3 membuat pertandingan dilanjutkan ke babak extra time. Di menit ke-108, akhirnya lahir gol pembeda dari sudut sempit oleh Chris Wood setelah menerima umpan dari Morgan Gibbs-White. Kemudian, 2 menit sebelum pertandingan berakhir, sundulan Vicente Pizarro diterima oleh Luka Jovic yang kemudian membuat gol pertamanya untuk Forest sekaligus mengunci kemenangan 5-3 untuk Nottingham Forest!

Dengan pertandingan penuh ketegangan tadi, maka Nottingham Forest berhak melaju ke babak perempat final FA Cup dan sudah ditunggu oleh Aston Villa. Sedangkan dari Premier League, kita berada di peringkat ke-8 sementara. Di satu sisi, final Carabao Cup dimenangkan oleh Manchester United yang membuat jatah ke Europa Conference League sementara ada di tangan mereka. Apabila Manchester United finis di peringkat ke-6 atau lebih baik, maka jatah tersebut akan dikembalikan ke posisi ke-7 Premier League kembali.

Demikian, episode ke-5 yang penuh up & down ini. Tinggal 2 episode lagi dan kita akan menyelesaikan musim pertama bersama Nottingham Forest. Sampai jumpa lagi di episode berikutnya. Bye!