Baru Sadar

“Baru sadar.”
Begitulah cara kerja pikiran kita. Begitulah cara otak kita bekerja.

Ketika kita hendak melakukan sesuatu, otak kita akan berpikir dalam rentan waktu tertentu, menentukan hal itu benar / salah untuk dilakukan. Kita akan melakukannya ketika kita menganggap bahwa hal itu benar untuk dilakukan. Karena ketika kita yakin kita salah, maka kita tidak akan melakukannya.


Even it’s a criminal thing
. Misalkan, pencuri. Mencuri karena desakan finansial. Ketika dia tidak punya cara lain untuk keluar dari masalah finansial tersebut selain mencuri, otak dia secara otomatis akan membenarkan perbuatan mencuri tersebut sehingga dia bisa mencuri. Dia baru akan sadar kalau itu salah ketika dia terkena dampak buruknya. Ketahuan dan dikeroyok warga misalkan.

Sama pula ketika mencintai seseorang. Ketika kita mencintai seseorang, maka kita akan berjuang terhadap orang tersebut. Kita akan berpikir bahwa kita berjuang terhadap orang yang benar. Kalau pada kenyataannya ternyata salah, kita baru akan sadar ketika kita dibuang, dicampakkan atau ditolak oleh orang itu. Kita baru sadar bahwa, “Wah, selama ini gue berjuang untuk orang yang salah.”

– B.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s